Rabu, 08 September 2010

Dirindukan Tapi Juga Dibenci

"Kalau saja kita bisa seperti dia!"
"Kalau saja kita bisa seperti Malaysia, Kalau saja PSSI bisa seperti kesebelasan Korea, Kalau saja jalanan tidak semrawut gak karuan begini...!"
Yeah, itu tadi hasil diskusi asal cuap saat nunggu bis kota yang datangnya gak tertib waktu. Kita lalu berandai-andai....

Orang sering berharap bisa berubah atau merubah sesuatu, termasuk nasib agar menjadi lebih baik. Orang juga sering berharap orang-orang yang dekat dengan diri mereka, yang mereka cintai atau yang menjadi tempat mereka bergatung berubah menjadi lebih baik agar mereka juga merasakan perbaikan itu, hasil perubahan itu. Tetapi lebih sering orang enggan mengharapkan dirinya sendiri yang berubah. Mereka berpikir tak ada yang salah dengan dirinya, semuanya baik-baik saja dengannya. Everything OK, man!
Bila pun ia gagal melakukan sesuatu, kebanyakan orang sering melihat diluar dirinyalah yang salah. Sesuatu di luar sana yang telah terjadi kesalahan, atau tidak pada tempatnya atau tidak sebagaimana biasanya! Dan, kalaulah itu kerja tim maka anggota tim yang lain yang telah berbuat kesalahan atau oaling tidak telah terjadi kesalahan pada angota yang lain! Jadi, merekalah yang bersalah bukan saya! Merekalah yang harus meperbaiki diri, merekalah yang harus berubah.

Kita sering mengharapkan perubahan terjadi tetapi kita enggan bila kita yang harus melakukan proses perubahan itu. Kita selalu menginginkan hasil peruahan (yang baik) bisa kita peroleh tanpa perlu bersusah payah meninggalkan kebiasaan nyaman kita. Padahal semua orang tahu tidak akan ada hasil yang berubah jika cara yang digunakan tetap sama seperti semula. Hanya orang gila yang mengharapkan perubahan terjadi dengan melakukan hal yang tidak berubah. dan kebanyakan kita begitu. Kita benci melakukan perubahan, tetapi kita rindu hasil yang lebih baik, lebih bagus, lebih kuat, lebih sehat, lebih cantik... dan berjuta lebih yang lainnya.

Mungkin kita lupa pepatahg ini, "Improvement Starts With I". Tentang hal itu, silakan lihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Panduan dan Skenario Program Transformasi