Rabu, 08 September 2010

Improvement Starts With I

Seorang teman mengeluh dan ngomel, "Kok musti gue yang berubah! Kenapa gak mereka aja??! Kerjaan gue kan oke-oke aja!"
Yang sering jadi pertanyaan retorik (tak memerlukan jawaban) karena sudah punya jawabannya sendiri adalah ini: "Memangnya perubahan itu harus dimulai dari mana, seh?"
Jawaban sendiri yang sudah dipunyai biasanya adalah: 'Bukan Saya!'

Orang Inggris bilang Improvement Starts With I, yang terjemahan harafiahnya berarti kata 'Improvement' dimulai dengan huruf I. Tetapi kalimat diatas juga sekaligus bermakna Perubahan (Improvement) dimulai dari Saya (I) atau diri sendiri. Jelas, kata-kata bijak itu ingin mengingatkan kita perubahan harus dimulai dari diri sendiri dan dilaksanakan oleh setiap individu.

Coba simak juga sebaliknya. Tentu tidak lucu kalau Imrovement dimulai dengan huruf U (dibaca You) karena akan menjadi Umprovement yang berkonotasi Tidak Berubah! Oleh karena itu jangan sekali-kali meminta orang lain (Kau) yang berubah karena tidak akan berhasil. Perubahan harus datang sendiri dari yang bersangkutan!

Dalam sebuah komunitas, kelompok, atau organisasi, kita sering berharap orang lain atau bagian lain yang harus memperbaiki diri bukan di bagian kita. Tidak tercapainya target atau sasaran organisasi sering tidak dirasakan sebagai akibat dari kerja kita yang kurang maksimal, sebaliknya ita biasanya menilai diri kita sudah melakukan tugas kita dengan baik. Sikap seperti ini tidak akan menciptakan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Panduan dan Skenario Program Transformasi